Senin, 28 September 2009

Fenomena Update Status

“Sebuah trend melahirkan trend baru”, mungkin itu yang terlintas di kepala saya belakangan ini.

Trend penggunaan Facebook telah melahirkan trend baru yaitu trend update status, sebuah fasilitas di pesbuk yang paling sering digunakan oleh segenap user pesbuk.
berbagai latar belakang yang membuat orang gemar mengupdate status sampai2 ada yg menjadikan update status seperti kebutuhan primer :D.. “kalau sehari saja tidak update minimal sekali atau 2 kali hidup utk hari ini terasa kurang lengkap.. hehehe”

“What is on your mind”, memang wajar saja sebenarnya mengupdate status sebanyak mungkin (dalam 1 hari misalnya) karena notabene fasilitas update status memang dimaksudkan oleh pembuat situs ini utk digunakan seperti ini.. ‘what is on your mind.. kapan saja terpikir / terlintas sesuatu in your mind kamu berhak menulis sesuatu di kolom update status – lalu send’

Sebagian orang melakukan hal ini, tapi sebagian justru kebalikannya, tidak mau melakukan hal ini karena tidak ingin setiap apa yang dilakukannya menjadi konsumsi public, terlalu di umbar, dan merasa melakukan hal yang tidak penting saja.


Tipe2 Update status yang berkembang belakangan ini :

1. Update status Normal
Standar update yang hitungannya proporsional dan tidak berlebihan, misalnya ; “I’m feel empty L” , “besok senen, masuk kerja lagi.. ohh… I’m bored!” , atau keluarga ada yang sedang sakit lalu minta support dan doanya pada teman2, atau misalnya melahirkan anak dan mengucapkan Thanks to om dan tante utk doanya seraya memberi tahu nama si anak tsb.

2. Update status Info
Update yang sifatnya memberikan informasi atau mencari informasi, misalnya; “sedang berada di Bandung”, “otw to Jogjakarta” , atau misalnya.. makanan di tempat tertentu uenak, recommended utk dicoba, misalnya lagi.. “ada apa di daerah Cilandak yaa?? Kok macet total !? “ bisa juga “Arsenal vs Man City 0 – 4, halftime”

3. Update status Kata2 mutiara
Update jenis ini biasanya dilatarbelakangi oleh alasan memotivasi diri sendiri / orang lain, menyindir seseorang, atau mendapatkan kata2/kalimat yg bagus (dari buku / majalah misalnya) lalu dijadikan update status.
Misalnya ;
“seseorang akan menjadi semakin kuat ketika dia ingin melindungi sesuatu yang berharga”
“Mengatakan apa yang kita lakukan memang penting, namun melakukan apa yang kita katakan itu jauh lebih penting”
“Pujilah TUHAN, dan janganlah lupakan segala kebaikanNYA” (ada juga yang disertai atau diambil dari ayat2 kitab suci)

4. Update status Picisan
Haha.. update jenis ini ngebingungin, penting gak penting, tapi banyakan gak pentingnya :D.. biasanya dilatarbelakangi karena gak ada kerjaan, iseng, tangan gatel mo tulis sesuatu walaupun sedang gak ada what is in your mind, seraya tersempil sedikit maksud “biar tetep Eksis”
Misalnya;
Lagi males ngapa2in.. , pergi gak ya… , kehujanan lagi dech,,, , ga bisa tiduurrrr!!! , sleep time… zzz… , kenyangg! , pagi2 udah dibangunin..males bgt sech, gak tau apa nih hari libur,kan waktunya bangun siang.. sebell.

Halaggh… Gedubrakk! :D

5. Update Status Lebay!
Beberapa orang sangat berlebihan menggunakan update status, la wong Doa kok di post di status, langsung aja cari tempat sepi trus ngomong langsung deh ama sang Illahi.. lah ini malah di post di status!.. ck ck ck!. Mungkin biar terlihat religius dimata orang2, atau mungkin ingin dinilai orang sebagai sosok yang baik, atau mungkin hanya ingin mendapatkan ‘like this’ yang banyak saja. Damn!!... Tapi kaw salah men.. ini bukan tempat yg tepat, dan kaw justru berlebihan.
Okelah, begini Misalnya ;
“Ya Allah, ku bersyukur buat kasih Mu… AnugrahMu bagiku begitu indah…”
“Tuhan aku percaya kalau anak Mu ini tidak akan hidup meminta-minta, tapi akan diberkati melimpah.. AMIN”
“ya Allah, besok adalah hari terakhir.. Engkau tdk akan mengecewakan kami.. dan tidak akan mempermalukan kami.. mujisatMu pasti akan terjadi.. Amin”
Ohhh… tidak sobat, bukan disiniii… dan Tuhan pun tidak buat account di pesbuk, just say its in your personal prayer, langsung saja , and Allah will listen your pray.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar